Selasa, 05 Juni 2012

HIDUP INI ADALAH PILIHAN

Banyak org percaya bahwa hidupnya dibatasi oleh banyak hal seperti keadaan, kemampuan, bakat, keahlian, pendidikan, modal bahkan ada yang percaya hal-hal mistis seperti tanggal lahir, bintang dan shio. Ada yang bilang, "Yah Pak mau bagaimana lagi, saya bisanya masak makanya saya hanya bisa menghasilkan uang dari bidang masak-memasak". Apakah ini benar?

Kita perlu merenungkan kembali secara lebih luas. Memang betul bahwa manusia terbatas, namun Tuhan memberikan banyak pilihan yang sebenarnya lebih luas daripada yang kita pikirkan dan kita percayai.

Ceritanya dimulai dari ajakan untuk mengamati perahu layar, arah angin atau arah layar? Tentu saja arah layar....
Buktinya, ada angin kencang bertiup dari arah selatan , tapi tetap saja perhau tersebut bisa bergerak ke arah barat atau timur. Bahkan pelaut yang berpengalaman bisa berlayar ke arah yang bertentangan dengan arah angin itu. Pelaut tersebut memang tidak  bisa mengubah arah angin tapi dia bisa mengubah arah layarnya menuju tempat yang dikehendakinya. Yang menentukan tercapai tidaknya tujuan hidup kita bukanlah arah angin, yaitu situasi dan kondisi yang terjadi di sekeliling kita. Yang menentukan adalah arah layar yaitu keputusan kita dalam situasi dan kondisi tersebut.

Kadang kita dihadapkan situasi dan kondisi yang bertentangan dengan tujuan kita. Maslah, pergumulan, tekanan hidup dan situasi disekeliling kita bisa menjauhkan kita dari tujuan yang ingin dicapai. Namun ingat, hidup adalah pilihan.

Arah layar yang menentukan, bukan arah angin.

Kita tidak bisa menolak datangnya masalah.

Meski demikian kita bisa mengubah arah layar.

Kita bisa mengubah masalah menjadi berkah.

Di dalam menjalani hidup ini banyak masalah dan tantangan yang semuanya itu diizinkan Tuhan untuk kita alami. Namun hal ini boleh kita alami untuk naik kelas, untuk membentuk kita menjadi karakter unggul. Apalagi dalam bisnis jaringan, diman kita dihadapkan kepada banyak macam karakter orang. Banyak gesekan yang terjadi dalam berhubungann dengan banyak orang.

Mungkin dilapangan kita melihat hal-hal yang tidak baik seperti saling memfitnah, mengambil jaringan orang, kabur dari hutang, menipu, curang, jual di bawah harga, bermasalah dengan integritas, tidak bertanggungjawab, suka menyalahkan orang, menghabiskan banyak waktu untuk berbicara tentang kejelekan orang daripada hal-hal yang membangun dan lain sebagainya. Keputusan kita berikutnya tentu yang kaan membawa kita ke arah yang berlawanan atau sejalan dengan tujuan kita.

Apakah kita akan ikut arus? Atau harus mengambil keputusan yang berbeda?

Manusia itu bisa ditipu, namun tidak untuk jangka panjang. Jika kita melakukan usaha ini untuk jangka panjang, maka tentunya tidaklah bijaksana kalau kita menipu orang. Karena tentunya hal ini akan merusak usaha kita, yang merupakan jawaban dari masalah hidup kita selama ini. Dengan merusaknya berarti kita mengemudikan kapal ini menuju ke arah yang berlawanan dengan tujuan utama, yaitu perwujudan impian kita semua.

Kemana arah angin tidak terlalu penting. Yang penting adalah bagaimana kita mengarahkan layar kita. 
"Di tengah-tengah kesulitan terdapat kesempatan". Selamat berlayar Mitra K-Link !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar