Sekarang, kalau Anda cermat, sebetulnya ada beberapa perusahaan (bahkan
cukup banyak) yang menjadi penyedia barang dan jasa agar Anda bisa berbisnis
jaringan pemasaran.
Perusahaan ini disebut perusahaan penjual langsung
yang memasarkan barang dan jasanya melalui sistem MLM (Multi Level Marketing).
Di Indonesia, perusahaan penyedia barang dan jasa untuk bisnis jaringan
pemasaran ini (selanjutnya saya sebut Perusahaan MLM), ada banyak sekali. Mulai
dari perusahaan yang betul-betul MLM, sampai perusahaan yang bukan MLM, tapi
mengaku-ngaku sebagai MLM.
Asal muasal perusahaan-perusahaan MLM tersebut
cukup bervariasi. Beberapa ada yang berasal dari Indonesia asli. Namun tak sedikit
juga yang tadinya berasal dari Amerika, Inggris, atau bahkan Malaysia.
Di antara mereka, ada perusahaan yang memasarkan
produk-produk yang spesifik saja (seperti obat-obatan, peralatan makanan, atau
asuransi kecelakaan), tapi ada juga perusahaan yang hanya memasarkan
produk-produk umum.
Nah, perusahaan MLM mana yang sebaiknya Anda
pilih? Ada banyak faktor yang bisa menjadi pertimbangan Anda dalam memilih
sebuah perusahaan MLM. Namun demikian, beberapa tips di bawah ini mungkin bisa
membantu:
1. Pilihlah Perusahaan MLM yang tergabung dalam
APLI (Asosiasi Penjual Langsung Indonesia). APLI adalah sebuah asosiasi yang
mewadahi berbagai perusahaan MLM. Belum bakunya aturan hukum di Indonesia dalam
mengatur penjualan langsung juga mendorong kebutuhan di antara perusahaan MLM
menciptakan bersama aturan dan kode etik yang disepakati bersama. Perusahaan
yang ingin bergabung dengan APLI harus memenuhi sejumlah persyaratan tadi dan
kemudian mendapat sertifikasi. Mereka yang menjadi anggota APLI hanyalah perusahaan
yang dianggap betul-betul memenuhi syarat sebagai perusahaan penjual langsung
dan yang memasarkan jasanya secara MLM. Karena itulah, lewat APLI kita juga
bisa mengenali mana perusahaan yang MLM, dan mana yang bukan. Maklum, saat ini
juga ada banyak perusahaan yang bukan MLM namun ikut mengaku-ngaku sebagai MLM
untuk menarik dana dari masyarakat. Untuk memperoleh informasi perusahaan mana
saja yang terdaftar, Anda dapat menghubungi kantor APLI di Jl. Alam Segar
VII/21, Jakarta Selatan, telepon (021) 751-3704.
2. Bila Anda ingin memiliki pembeli atau pelanggan
yang terus datang berulang kepada Anda, pilihlah perusahaan yang menyediakan
tidak hanya barang dan jasa yang spesifik saja, tetapi perusahaan yang
menyediakan barang dan jasa yang banyak dan bervariasi. Dan kalau perlu, yang
memberikan jaminan atas kualitas barang dan jasa yang dijualnya. Ini sebetulnya
bisa dimengerti mengingat fungsi Anda di sini sebetulnya seperti warung atau
toko serba ada. Di mana pun dan apa pun yang dibutuhkan orang, Anda memilikinya.
Di Indonesia, beberapa perusahaan MLM ada yang menyediakan barang dan jasa yang
jumlahnya bisa mencapai ratusan. Bahkan dari satu perusahaan yang menjual
ratusan produk tersebut, sebagian kecil di antaranya diproduksi sendiri
(ekslusif). Sebagian besar di antaranya merupakan produk titipan (general) yang
dititipkan oleh perusahaan-perusahaan produsen merk ternama. Termasuk juga,
media cetak! Ada lho media cetak yang menitipkan penjualannya melalui
perusahaan MLM.
Bayangkan, Anda bisa menjual koran hanya dengan
join ke dalam sebuah perusahaan MLM. Jadi sekali lagi, bila Anda ingin memiliki
pembeli atau pelanggan yang terus datang berulang kepada Anda, maka salah satu
caranya adalah dengan memilih perusahaan yang menyediakan banyak sekali barang
dan jasa, tidak hanya barang. Lebih baik lagi bila mereka berani menjamin
kualitas barang dan jasa mereka, entah dengan adanya jaminan uang kembali atau
jaminan penggantian barang apabila terjadi kerusakan.arang apabila terjadi
kerusakan.
3. Pilihlah perusahaan yang para distributornya
memiliki cara atau sistem keberhasilan untuk bisa sukses, di mana sistem
tersebut sebaiknya harus sudah teruji dan terbukti mampu mencetak banyak orang
menjadi berhasil. Ya, kalau perusahaan menyediakan barang dan jasa yang cukup
banyak dan bervariasi, tapi tidak ada langkah-langkah sukses (sistem) yang bisa
dijalankan, percuma saja Anda menjalankan bisnis jaringan pemasaran. Idealnya,
sistem tersebut hendaknya bisa dijalankan oleh orang dari berbagai macam latar
belakang usia, pekerjaan, pendidikan, jenis kelamin, bahkan oleh mereka yang
tidak pernah berbisnis sama sekali! Bila sistem tersebut hanya bisa dijalankan
oleh sebagian orang saja, maka mungkin sistem itu tidak begitu baik. Salah satu
ciri bahwa sistem tersebut cukup baik adalah bahwa sistem itu harus bisa
dijalankan dan diduplikasi oleh banyak orang di kelompok usaha Anda, di manapun
mereka berada, dan apa pun latar belakang mereka. Sistem yang baik biasanya
juga menyediakan alat-alat bantu usaha seperti buku-buku kepribadian,
kaset-kaset yang memberikan motivasi dan teknik, serta pertemuan-pertemuan yang
bisa dihadiri.
Itu saja beberapa faktor utama yang bisa Anda
pertimbangkan. Pertanyaannya sekarang, kapan Anda akan memulai bisnis jaringan
pemasaran milik Anda sendiri? Sekarang mungkin saatnya.
(Safir Senduk)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar